5 Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag

Daftar Isi Artikel 5 Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag [Tampil]
Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag - Cabe Rawit merupakan salah satu produk agribisnis yang memiliki harga cukup fluktuatif atau berubah-ubah. Harga cabe rawit di pasar terus berubah, terutama saat hari besar datang seperti di tengah hari raya Idul Fitri, sebagian besar, harganya akan melonjak tinggi. Inilah hal yang pada saat itu mendorong banyak orang untuk mengembangkan cabe rawit untuk dimanfaatkan sendiri atau untuk dijual di pasar.
Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag


Meskipun demikian, bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan, tidak adanya lahan merupakan salah satu hambatan menanam cabe rawit. Beruntung, Anda masih bisa menanam cabe di polybag. Makanya, Anda harus tahu cara mudah menanam cabe rawit di polybag.
5 Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag:
1. Persiapan

Sebetulnya, cara menanam cabe rawit di polybag tidak Sulit. Pada umumnya, cabe rawit akan hidup dan bisa bertahan jika ditanam pada ketinggian 0 sampai 200 meter di atas permukaan laut. Untuk suhu ideal cabai rawit dari 24 sampai 27 derajat celcius. Bagaimanapun, pada kenyataannya, cabe rawit bisa berkembang dengan suhu yang lebih tinggi. Ini bergantung pada jenis cabe rawit yang ditanam. Cabe rawit adalah salah satu variasi yang tepat untuk dikembangkan di iklim tropis dan memiliki rasa yang benar-benar pedas dan banyak dicari.

Untuk tips tentang cara mudah menanam cabe rawit di polybag, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memilih benih Anda. Intinya, tidak ada perbedaan cara menanam cabe rawit di polybag baik jenis hibrida maupun lokal. Namun, pada cabe hibrida, dianjurkan agar dirawat dengan menggunakan produk obat-obatan tertentu. Biasanya, untuk cabe dengan varietas hibrida berasal dari Thailand dan Taiwan sedangkan untuk cabe rawit lokal banyak dikembangbiakkan di Kudus, Rembang, Sumatera Utara, dan berbagai daerah yang lainnya.

2. Penyemaian Bibit Cabe Rawit

Untuk menerapkan cara mengembangkan cabe rawit lokal dan hibrida silang dalam polybag, Anda seharusnya tidak secara langsung memasukkan benih ke dalam polybag. Bagaimanapun, benih harus disemai terlebih dahulu. Prosedur pembibitan dilakukan untuk memisahkanuntuk benih yang berpenyakit, rusak, atau kerdil. Selanjutnya, cara menanam cabe rawit dalam polybag pada tahap ini selain itu bermaksud untuk persiapan bibit sampai cukup tahan ditanam ke dalam polybag. Untuk pembibitan, Anda bisa memanfaatkan daun pisang, petak tanah, baki/nampan persemaian dan media lainnya. Bagaimanapun, memanfaatkan petak tanah adalah pemanfaatan media yang paling praktis/ekonomis.

Buatlah petakan dan kemudian campurkan pupuk kandang atau kompos. Campur dengan baik dan rata. Buatlah tekstur tanah halus agar akar cabe rawit bisa menembus tanah dengan mudah dan leluasa. Untuk ketebalan tanah, buatlah sekitar 5 sampai 10 cm dan buat baris sekitar 10cm. Metode yang paling efektif untuk menanam cabai rawit di polybag pada penyemaian benih diatur dengan jarak 7,5 cm. Siram dan bersihkan kotoran dan tutupi tanah atau abu. Tutup dengan karung goni basah sampai 3 atau 4 hari.

Jaga agar karung tetap basah. Pada hari keempat, bibit cabe rawit akan mulai muncul dari permukaan tanah dan Anda bisa membuka karung goni. Petak tanah sebaiknya ditutupi dengan plastik transparan dengan tujuan menghindarkan bibit yang masih kecil dari siraman air dan panas yang berlebihan. Benih siap untuk dipindah ke polybag setelah berumur tiga sampai empat minggu atau setelah benih tersebut memiliki 3 sampai 4 helai daun.

3. Menyiapkan Media Tanam

Untuk media tanam, pilih polybag dengan ukuran lebih dari 30 cm sehingga media tanam akan cukup kuat untuk menopang berkembangnya tanaman cabe rawit yang semakin rimbun. Metode yang paling efektif untuk menanamcabe rawit dalam polybag dapat memanfaatkan media tanam yang berasal dari campuran pupuk, tanah, sekam padi, kompos, sekam arang, dan lain-lain. Untuk prosedur penanaman cabe rawit di polybag saat merencanakan media tanam, Anda bisa memadukan kotoran dan pupuk dengan proporsi 2: 1. Buat campuran dengan proporsi 1: 1: 1 untuk tanah, kotoran, dan arang sekam atau proporsi 2: 1 untuk campuran tanah dan pupuk. Bagaimanapun, pastikan kompos dimasak dengan tepat sehingga Anda menggunakannya dalam media tanam.

4. Pemindahan Benih Cabe Rawit

Sebelum memindahkan benih cabe rawit, pastikan bibit tanaman dan media tanam sudah disiapkan. Pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pada sore atau dini hari saat matahari tidak terlalu terik sehingga tanaman cabe tidak layu. Pemindahan bibit harus dilakukan dengan hati-hati terutama pada akarnya. Pastikan Anda mencabutnya dengan sempurna tanpa merusak akar. Buat celah dengan kedalaman 5 sampai 7 cm di polybag tempat cabe rawit ditanam.

5. Pemeliharaan Tanaman Cabe Rawit
Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag
Untuk menjaga agar cabe rawit tumbuh sehat, sebaiknya dilakukan perawatan secara teratur. Lakukan pemupukan secara berkala. Pupuk yang dianjurkan adalah satu sendok makan NPK untuk masing-masing polybag yang dilakukan setiap satu bulan sekali. Di sisi lain, Anda bisa menyiram cairan kompos organik/alami jika ingin menanamnya secara organik.

Jika tanaman cabe diserang hama Anda bisa menyemprotkan pestisida secukupnya. Dan mungkin Anda tertarik untuk membaca Cara membuat pestisida alami yang ampuh untuk membasmi hama.

5 cara mudah menanam cabe rawit di polybag ini bisa dilakukan siapapun termasuk Anda yang baru belajar. Semoga bermanfaat.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads